Header Ads

Cara Bayar Pajak dan Cek Fisik Motor Di Luar Daerah Asal Penerbitan STNK Motor


ZONAPENDIDIKAN - Surat Tanda Nomor Kendaraan, atau disingkat STNK, adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. (WIKIPEDIA)

Pada kesempatan yang baik ini mimin ingin berbagi sedikit kisah/cerita menyambung / update tulisan Cara Cek Fisik Motor Di Luar Daerah Asal Penerbitan STNK MotorNamun temanya kali ini adalah cek fisik sekaligus bayar pajak tahun ke 5 (lima).

Bagi kendaraan motor ataupun mobil setiap tahun wajib membayar pajak. cara membayar pajak bisa melalui bank atau online. tapi dibagian kolom pengesahan pembayaran pajak itu hanya ada 4 kotak/kolom. lalu bagaimana tahun ke limanya ? jadi tahun ke 5 kita diwajibkan membayar pajak tahunan sekaligus tahun kelima juga kita wajib mengganti STNK baru dan Plat baru.

ceritanya seperti ini, karena belum pengalamana pada saat jatuh tempo pembayaran pajak motor, saya seperti biaya langusung ke bank ternyata saat tanya bagian petugasnya langsung ke samsat. untuk cek fisik motor silahkan baca d sini Cara Cek Fisik Motor Di Luar Daerah Asal Penerbitan STNK Motor.

Lembaran yang sudah digoreskan menggunakan pensil tampak nomor mesin dan nomor kerangka diserahkan lagi ke petugas untuk disahkan berupa cap dan tanda tangan. di saat menyerahakan lembaran itu petugas tanya ada bawa bpkb dan ktp nama pemilik stnk, lalu ia mengatakan walaupun plat luar daerah bisa bayar pajak di sini asalkan bawa fotocopy bpkb dan ktp asli sesuai nama stnk.

Pagi tanggal 18 Mei 2020 saya berangkat  ke samsat wilayah 1 kota pontianak berangkat pagi agar tidak banyak menunggu antrian. ternyata sampai di saat loket pendaftaran masih belum buka. jam layanan operasional 08.30 - 10.30. sudah ada beberapa orang yang juga mengantri.

Dibagian dalam pintu masuk ada meja dan layar monitor, di sini kita minta nomor antrian yang diberikan petugas. ada pilihan  ketegori layanan. sampaikan tujuan kita di sana. kalau untuk membayar pajak 5 tahunan maka ketegori antrian dengan kode C. siapkan lembaran cek fisik, stnk asli, foto copy bpk, foto copy ktp (sesuai dengan nama di sntk), dan ktp asli sesuai di stnk.
lalu petugas akan memberikan 2 lembar nomor antrian yang distaples dan map pink untuk masukkan berkas-bekas tadi. selanjutnya menunggu panggilan dari loket pendaftaran. Beberapa menit kemudian ada panggilan dari loket 1 (loket pendaftaran) pada saat itu saya mendapatkan giliran pertama yaitu kategori C nomor urut 1.
pada saat di loket 1, kita menyerahkan map pink tadi dan petugas akan meminta melihatkan ktp asli sesuai dengan nama di STNK. ktp asli, plastik stnk dan nomor antrian di kembalikan kepada kita.
walaupun urutan 1 menunggu antrian selanjutnya hampir 30 menitan. 

Selanjutnya dapat saya dapat panggilan C1 dari loket pembayaran (bank kalbar), disini kita membayar pajak motor sesuai nominal yang disampaikan oleh petugas. petugas juga memberikan lembaran  yang sudah dicap lunas oleh bank mengambil kartu jasa rahaja. di tahapan ini tidak terlalu lama setelah bayar langsung menunggu ke loket lainnya.

Terakhir kita menunggu di loket 3 untuk pengambilan lembaran pengesahan STNK hanya menunggu beberapa menit. jadi lembaran pada STNK ada 2, 1 lembaran pengesahan (ada 4 kolom) dan lembaran yang ada jumlah biaya pajak.

Sebenarnya STNK sudah lewat 1 minggu dari tanggal jatuh tempo. seharunya di kenakan denda 25%. karena ada kebijakan yang dikeluarkan dari pusat terkait dengan wabah COVID-19 sampai tanggal 29 mei 2020 denda ditiadakan.

Jadi untuk mengurus cek fisik dan bayar pajak 5 tahunan tidak ribet. hanya saja lebih baik datang awal dan sudah mempersiapka berkas-berkas yang diperlukan.

PLAT baru bisa diambil 1 minggu kedepan kata petugasnya.

semoga bermanfaat ya :-)
















Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.