Header Ads

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

ZONAPENDIDIKAN- Menurut Sadili Samsudin (2010:22) “Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu kegiatan pengelolaan yang meliputi pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa bagi manusia sebagai individu anggota organisasi  atau perusahaan bisnis.
Menurut Tjuju Yuniarsih dan Suwatno (2013:1) “manajemen Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari ilmu manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan suatu organisasi”

Menurutu Malayau S.P. Hasibuan (2011:10) menyatakan bahwa “Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarkat”.

Pengeolaan sumber daya manusia menjadi unsur yang sangat penting dari fungsi manajemen. Jika sumber daya manusia tidak dikelola secara baik, efektifitas akan merosot lebih cepat daripada sumber daya yang lainnya. Sumber Daya Manusia mempunyai imbas yang lebih cepat daripada terhadap efektivitas organisasional dibanding dengan sumber daya lainnya. Oleh karena itu, pada era global dewasa ini aktivitas pengelolaan sumber daya manusia secara efektif akan semakin meningkat pada semua jenis dan jenjang organisasi atau perusahaan bisnis. Hal ini merupakan konsekuensi dari kemajuan dan perkembangan yang saat ini berlangsung dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bisnis, dan kehidupan lainnya.

Manajemen manusia yang efektif mengharuskan manajer menemukan cara terbaik dalam mempekerjakan orang-orang atau bawahan untuk mencapai tujuan perusahaan, kepuasan karyawan, dan masyarakat dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.