Header Ads

Khataman dan Wisuda bersama 2011

Menjelang penutupan tahun 2011, LPPTKA kota pontianak mengadakan Khataman dan wisuda bersama se-kota pontianak dan sekitarnya. Kegiatan ini di adakan di Auditorium Untan jalan A.Yani yang bertepatan pula dengan Natal yaitu tanggal 25 Desember 2011.
Tak seperti biasa pagi harinya saya harus berkemas-kemas untuk mengantarkan murid TPQ saya ke tempat kegiatan karena mereka tidak di antar oleh orang tuanya. Suasana pagi agak mendung, namun tak saya hiraukan. Tiba di tempat penjemputan masuk gang kebetulan dekat dengan parit besar. Jalanan gang tersebut penuh dengan air alias banjir. Hanya sedikit saja yang tak terkena banjir. Masyarakat di gang tersebut melakukan berbagai aktivitasnya dengan memanfaatkan air banjir itu dengan menyuci motor dan terlihat pula salah satu masyarakat yang mencuci mobilnya, sedangkan anak-anaknya mandi, ada yang main petak umpet, bahkan ada yang membersihkan tempat kotak papan kecil yang penuh dengan kecoa.

Setiba di sana tak terlihat satu pun santri yang mau saya antar. Beberapa menit kemudian datanglah satu orang santri. Karena yang mau di antar lebih dari satu, saya langung mengantar dia terlebih dahulu ke tempat kegiatannya.
Saya pun tiba di Auditorium UNTAN, tampak para penjual minuman dan makanan sudah datang lebih awal. Ternyata masih belum banyak para peserta yang hadir, hanya beberapa orang saja.
peserta khataman qur'an
Dalam acara ini peserta mengenakan dua busana, yang pertama busana toga wisuda, dan pakaian khas daerah. Acara dimulai yang diawali oleh khataman Qur’an oleh peserta khataman. jumlah peserta khataman sebanyak 83 orang. Para peserta khataman di duduk di depan panggung. Sebelum dimulai salah seorang santri khataman termuda di persilahkan maju ke depan untuk membacakan surah al-alaq. Setelah itu dilanjutkan membaca bersama-sama surah al-mursalat, surah al-ikhlas surah al-falaq, dan surah an-nas. Kemudian ditutup dengan membaca doa senandung khatamul qur’an. Rangkaian sesi pertama selesai.
foto bersama kepala unit TPQ
Setelah rangkaian acara khataman Qur’an, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia, koordinator LPPTKA KALBAR, dan terakhir sambutan oleh perwakilan dari Pemerintahan Kota. Dilanjutkan dengan prosesi khataman dan wisuda  yaitu dilakukan pengukuhan oleh para pimpinan yang berada di depan. panitia yang sudah ditunjukan membacakan surat keputusan nama-nama peserta khataman dan wisuda beserta orangtuanya. Para peserta khataman qur’an diberikan 1 gulungan (berbentuk tabung) sebagai tanda pengukuhan dan peserta wisuda diberikan satu gulungan pula diringi dengan memindahkan topi tali toga kesebelah kanan (sebelum dikukuhkan posisi disebelah kiri).
santri TPQ Babul Maghfirah
Rangkaian pengukuhan usai kemudian acara terakhir dilanjutkan dengan pemberian sertifikat khataman dan wisuda santri kepada kepala unit yang tergabung dalam LPPTKA kota Pontianak dan sekitarnya.yang diberikan oleh perwakilan pemerintahan kota pontianak dan foto bersama.
Kemudian setelah rangkaian acara selesai tak lupa pula mendokumentasikan para santri saya yang khataman dan wisuda.  
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.