Header Ads

ALLAH*)


Allah adalah standar bahasa dalam bahasa arab. Yang artinya adalah Tuhan. Sementara itu istilah tersebut telah sangat diketahui oleh masyarakat muslim di bagian barat sebagai referensi untuk menunjukkan kata Tuhan atau kalimat Tuhan. Kata Tuhan ini juga digunakan oleh bangsa Arab secara keseluruhan yang diyakini oleh kepercayaan Abraham, termasuk di kalangan yahudi-yahudi Mizrahi, bahais dan kriten timur ortodok, sebagai penunjuk kata Tuhan. Kata Tuhan ini digunakan juga oleh para pemuja berhala oleh masyarakat mekkah sebagai referensi untuk menunjukkan Tuhan adalah sang Pencipta, kemungkinan kata tuhan ini digunakan pada era sebelum Islam di Arab yang menunjukkan kata tuhan atau yang maha Kuasa.
Konsep-konsep yang menggabungkan dengan istilah Allah (sebagai Tuhan) ini berbeda untuk masing2 tradisi. Pada masa pra-islam di antara pemuja-pemuja berhala pada bangsa-bangsa Arab, Allah tidaklah satu-satunya diartikan sebagai Tuhan, mempunyai kumpulan-kumpulan, dan berkelompok, anak-anak laki-laki dan perempuan sebagai mana konsep islam secara menyeluruh dan dengan tegas hal tersebut tidak dibenarkan dalam islam. Dalam agama Islam nama Allah diletakkan pada derajat paling tinggi dan seluruh nama2 yng menunjukkan pengertian dan pemahaman yang berhubungan dengan ketuhanan. Kata-kata ketuhanan yang lain tersebut dipecayai sebagai kata untuk menunjukkan kembali kepada Allah. Allah adalah esa pencipta seluruh Alam semesta dan maha kuasa. Orang Arab yang beragama Kristen saat ini menggunakan istilah seperti Allah (Tuhan Bapak) untuk membedakaan penggunaannya dari orang muslim ada dua persamaan dan perbedaan di antara konsep Tuhan yang digambarkan di dalam al-Qur’an dan injil
Istilah
Istilah Allah diartikan dari sebuah kontraksi dari definisi Arab terdiri dari al diartikan sebagai hanya satu dan illah “tuhan” Tuhan untuk kata al-llah bermaksud Tuhan itu adalah satu, Tuhan (ho theos monoes). Secara keseluruhan nama Allah ada di bahasa-bahasa semantic, termasuk Yahudi dan Aramaic. Pada kitab bible paling banyak digunakan untuk menunjukkan bentuk plural (tapi fungsinya sebagai singular) Elabi. Pada tulisan aramic dari bentuk kata elaha di dalam kitab injil aramic dan allaha digunakan di syira.
Menurut kepercayaan islam pantas Allah dikhususkan untuk nama Tuhan. Sikap dan kerendahan serta sikap untuk menunjukkan segala keesaannya. Peraturan-peraturan dan firman-firman-Nya sebagai central dari kepercayaan umat Muslim. Dialah satu-satunya Tuhan yang maha Esa, pencipta alam semesta dan Dia-lah pemberi hukuman bagi umat manusia. Dialah adalah satu, Dia adalah awal yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang.
Di dalam tradisi agama Islam ada 99 nama sifat Tuhan (asmaul Husna yang berarti sebaik-baiknya nama) yang berarti menujukan pada kejelasan dari karakter Allah. Semua nama tersebut adalah milik Allah, yang Maha Agung dan semua pengertian tentang Tuhan di antara 99 sifat nama-nama Allah tersebut yang paling terkenal dan yang paling sering diketahui adalah yang maha Pengasih dan Maha Penyayang.
*) tulisan ini adalah terjemahan materi sertifikasi Bahasa Inggris hal pertama
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.