Header Ads

Inilah Website untuk Cek Hasil Real Count dan Quick Count Pemilu 2019


ZONAPENDIDIKAN- Pemilu dan Pilpres 2019 tepatnya 17 April 2019 sudah terlaksana,  Pesta demokrasi 5 tahun ini memilih sosok yang nantinya akan memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada pemilu kali ini serentak memilih caleg-caleg DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Pemilihan presiden.

Terkait hasil perhitungan suara pemilu dan pilpres tentu dinanti caleg partai dan para pendukung pasangan presiden dan wakil presiden. banyak media yang menginformasikan hasil suara yang diperoleh.

Mungkin menjadi pertanyaan bagaimana cara mengetahui cepat hasil suara yang diperoleh? nah terkait pemilu 2019 ini, ada beberapa ukuran / barometer untuk mengetahui hasil suara yang didapatkan yaitu dengan mengetahui hasil Quick Count dan Real Count. apa itu Quick Count dan Real Count? berikut ini penjelasannya.
Quick count merupakan hasil hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga yang memiliki fungsi untuk estimasi perhitungan suara setelah pencoblosan. Cara kerja quick count ialah dengan menggunakan metode verifikasi hasil pemilu. Hasil verifikasi hasil pemilu ini dilakukan dengan cara menghitung persentase hasil pemilu dimana TPS dijadikan sampel dan diolah pada pusat statistik data.
Real count merupakan perhitungan suara secara langsung terawasi oleh KPU. Hasil suara ini merupakan hasil yang sah menentukan siapa yang menjadi pemenangnya dalam pemilu.
Real count menggunakan data dari KPU berdasarkan hasil hitung sesungguhnya. Di mana diketahui hasil sesungguhnya tidak bisa cepat dikeluarkan karena harus memlalui beberapa tahap verifikasi mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

sudah tahukan arti Quick Count dan Real Count ! biar lebih gampang lagi berikut ini kami sajikan  Website untuk Cek Hasil Real Count dan Quick Count Pemilu 2019
resmi hasil Real Count milik KPU
Kawal Pilpres adalah bagian dari Gerakan Ayo Nyoblos Ayo Pantau, yakni sebuah gerakan masyarakat sipil yang digaungkan oleh berbagai lembaga dan komunitas untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam membantu mewujudkan Pemilu Damai dan Berkualitas. Selain mengajak untuk menggunakan hak pilihnya, gerakan ini juga mengajak masyarakat untuk memantau proses pemilu dan melaporkan hasil penghitungan pemilihan presiden (pilpres). Gerakan ini terbuka bagi seluruh elemen masyarakat yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menginginkan proses demokrasi di Indonesia semakin baik. (profil lengkapnya bisa baca di sini )
Jurdil 2019 memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk berpartisipasi meningkatkan kepercayaan publik atas kualitas hasil Pilpres menggunakan aplikasi Jurdil 2019 yang merupakan sistem Real Count independen yang dapat memberikan secara cepat hasil perhitungan pemungutan suara yang jujur dan adil.
 Adapun lembaga yang mengeluarkan hasil quick count antara lain Indobarometer, Cyrus Network, Saeful Mujani. 
Adapun lembaga yang mengeluarkan hasil quick count antara lain Litbang Kompas, Indo Barometer
LSI Denny JA, Median. Kedai Kopi.

dari 5 website di atas, yang menjadi rujukan utama adalah website KPU, namun tidak menutup kemungkinan 4 website lainnya menjadi pembanding website KPU.

Real count ini pada nantinya selesai pada 22 Mei 2019 bersamaan dengan diumumkan siapa pemenang dari Pemilu 2019. Banyak yang menantikan siapa pemenang dari hasil real count, karena hasil quick count cukup membingungkan karena ada yang mengklaim kemenangan.

Refensi:
- website Quick Count dan Real Count
- liputan6
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.