Header Ads

Inilah Rumus Laris Manis Jualan Di Facebook


ZONAPENDIDIKAN - Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya menggunakan Facebok Organik (TANPA FB ADS) untuk jualan.  Untuk memaksimalkan Facebook Gratisan dalam jualan kita harus memegang Prinsip 3C. Apa itu itu 3C?

1.CONTENT

2.CONVERSATION

3.CONSISTENT

 
Oke kita bahas satu - persatu.

1. CONTENT

Silahkan lakukan survey kecil-kecilan di Facebook Anda masing-masing, tulislah postingan pertanyaan “Apa Alasan Anda menggunakan Facebook?”

Saya sudah melakukannya, dan jawabannya cukup variatif, diantaranya :

- Menjalin hubungan komunikasi dengan kawan atau saudara
- Mencari berita atau kabar yang paling trend
- Sekedar hiburan dan sarana mengungkapkan perasaan
- Cari ilmu pengetahuan yang banyak di share
- Kepo-in kawan, lawan bahkan mantan, hehe

 
Abaikan poin terakhir yah, walau kadang ada benarnya. Hehehe
Tidak ada yang mengatakan bahwa mereka facebook-an untuk mencari barang untuk di BELI!

Jadi kira-kira apakah efektif berjualan di Facebook?
EFEKTIF dong, kalau engga ya ngga akan kita bahas disini. hehe

Hanya saja tidak bisa jualan brutal di setiap postingan yang kita miliki, ada tekniknya ada polanya. Facebook sendiri lebih efektif digunakan sebagai sarana pengumpul prospek dibanding jualan langsung.

Oke masih bisa ngikutin yah?

Lalu bagaimana caranya agar prospek mau berkumpul di facebook kita?

Jawabannya adalah CONTENT,
Apa yang kita bisa sediakan di Facebook kita agar mereka mau berkumpul?

Apakah karena kita suka sharing yang lucu, inspiratif atau bermanfaat. Jika kita bisa sediakan gulanya, otomatis semut akan berkumpul dengan mudah.

Gulanya itu adalah konten postingan yang menarik, maka calon prospek kita akan datang ramai-ramai ke facebook Anda.
 
2.CONVERSATION

Kedua adalah conversation, percakapan atau interaksi. Satu hal yang harus kita pahami adalah Facebook adalah social media bukan selling media.

Jadi kembali ke nature-nya facebook, kita harus mempergunakannya untuk bersosialisasi. Kita harus paham bahwa yang kita juali ini manusia, jadi wajib kita manusiakan.

Seringkali Anda mungkin bertanya kenapa postingan Anda selalu sepi komentar dan like apalagi share? Pertanyaannya adalah apakah Anda pernah memberikan komentar dan like di status orang lain?

Berikan komentari terbaik Anda di status mereka. Like dan love kan gratis, maka berikan sebanyak banyaknya. Kalau memang postingan mereka inspiratif jangan ragu untuk share sesekali. Jangan lupa tandai nama mereka saat memberikan komentar untuk memberikan kesan lebih bersahabat.

Lalu kapan dong jualannya?

Nah banyak sekali yang belum memahami bahwa interaksi ini pun bagian dari promosi Anda. Dengan interaksi, kita membangun kepercayaan, dan ketika itu sudah terbentuk, jualan akan semudah update status.

Ingat selalu prinsip ini baik-baik, tidak ada interaksi maka tidak ada interaksi.

Mulai sekarang silahkan Anda targetkan berapa interaksi yang akan Anda bangun perhari. Berapa status yang akan Anda komentari dan jam berapa Anda lakukan hal tersebut.

Kebayang yah?

 
3.CONSISTENT

Prinsip berikutnya yang tak kalah penting adalah KONSISTEN.

Prinsip ini yang dilakukan para atlit dan pejuang perang untuk menang. Begitu juga prinsip ini harus dilakukan oleh seorang pebisnis yang juga ingin menang di dunia yang penuh persaingan kini.

Karena sekelas mastah sekalipun, jika ia tidak konsisten maka akan dikalahkan newbie yang tekun dan konsisten dalam belajar dan action.

Selain alasan diatas, ada juga system facebook yang memang mengharuskan Anda untuk konsisten. Algoritmanya yang bernama edgerank menyebabkan status Anda hanya akan muncul di timeline kawan-kawan Anda yang konsisten interaksi.

Jadi tanpa konsisten, maka postingan Anda hanya akan dilihat beberapa orang saja meski teman Anda sudah ribuan.

Maka prinsip ini sangat penting untuk diterapkan dalam teknik pemasaran menggunakan Facebook. Anda harus rutin membuat postingan bermanfaat, konsisten interaksi dengan like, reply, comment atau share.

Penuhi 3 prinsip di atas maka proses promosi Anda di Facebook akan semakin efektif.

Referensi : Hermas Puspito.2018.Mau Ebook Gratis Dapat Jutaan dari Facebook Tanpa FB Ads?
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.