Header Ads

Lomba Guru Madrasah Tahun 2017

ZONAPENDIDIKAN - Komisi pemberatasan korupsi (KPK) bekerjasa sama dengan kemenag RI membuka bagi guru madrasah dari seluruh indonesi terlibat dalam upaya pencegahan korupsi dengan membangun generasi jujur dan berkarakter antikorupsi.

Anti-Corruption Teacher Supercamp merupakan salah satu program yang dijalankan oleh KPK untuk meningkatkan daya dukung terhadap implementasi pendidikan antikorupsi dengan melakukan pemberdayaan kreativitas guru selaku tenaga pendidik dalam menciptakan dan mengembangkan berbagai model implementasi pendidikan antikorupsi di sekolah.

Pada tahun 2017 ini, KPK kembali menyelenggarakan “Anti-Corruption Teacher Supercamp” dengan dengan sasaran guru madrasah tingkat RA, MI, MTs, dan  MA.  Bagian penting dalam proyek ini adalah melibatkan para guru madrasah dan pondok pesantren dari seluruh Indonesia yang memiliki minat, bakat, atau pengalaman dalam membuat inovasi pembelajaran antikorupsi  serta memiliki semangat dan komitmen antikorupsi.

Proyek ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kapasitas para guru madrasah/pondok pesantren dalam menyusun materi pendidikan antikorupsi, untuk memperkaya konten atau literatur pendidikan antikorupsi yang dapat dimanfaatkan dan diterapkan dalam pembelajaran di madrasah, dan mendorong kreativitas para guru madrasah dalam menciptakan model pembelajaran yang efektif dalam pendidikan antikorupsi di sekolah. Adapun output dari kegiatan kegiatan adalah menghasilkan model pembelajaran antikorupsi yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran antikorupsi di madrasah.

Guna meningkatkan kapasitas para guru madrasah, sejumlah praktisi dan pemateri berpengalaman di bidangnya  akan memandu dan terlibat di dalam pelatihan. Di dalam pelatihan ini, para guru akan mendapatkan:
Materi tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi
Materi tentang gerakan guru dalam pemberantasan korupsi
Materi tentang inovasi pembelajaran antikorupsi
Materi tengang model insersi pendidikan antikorupsi dalam mata pelajaran
Materi tentang penyusunan media pembelajaran antikorupsi
Materi tentang pengembangan ide cerita yang kreatif dan karakter yang kuat dalam sebuah cerita.
Materi tentang penyusunan sebuah cerita yang menarik dan sesuai dengan target pembaca.
Saran dan bimbingan langsung dari mentor, penulis, pakar, dan akademisi di bidang inovasi pendidikan.

Setiap  guru madrasah tingkat RA-BA, MI, MTs, MA, MAK di Indonesia memiliki kesempatan menjadi peserta pelatihan “Anti-Corruption Teacher Supercamp 2017” melalui proses seleksi dengan terlebih dulu mendaftarkan karya inovasi karya dalam pembelajaran antikorupsi. 
Sebanyak 100 guru yang dinilai memiliki karya inovasi terbaik akan diundang mengikuti pelatihan selama 5 hari di Provinsi Jawa Barat. Hasil dari pelatihan “Anti-Corruption Teacher Supercamp 2017” akan menjadi bahan bagi KPK dalam mengembangkan materi pembelajaran pendidikan antikorupsi di semua jenjang pendidikan Madrasah di Indonesia.



KETENTUAN

JENIS LOMBA

JADWAL KEGIATAN: TEACHER SUPERCAMP 2017


NoTahapanWaktu
1Pendaftaran peserta20 September s.d. 2 November 2017
2Penjurian3 s.d. 6 November 2017
3Pengumuman Peserta Terpilih6 November 2017
4Pelaksanaan kegiatan13 s.d 17 November 2017
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.