Header Ads

Waktu-Waktu Yang Dilarang Nelpon Atau Sms


Perkembangan teknologi seperti adanya handphone (hp) memberikan dampak positif. Namun tahukah anda bahwa tekonologi kalau disalah gunakan akan menyebabkan gangguan di sekitarnya. Tulisan ini saya terinspirasi oleh aktivitas sehari-hari dengan melihat fenomena penggunaan hp yang kurang tepat. Memang tidak ada aturan secara khusus melarang, namun kiranya penting juga untuk dihimbau bagi pengguna hp untuk memanfaatkan / menggunakan hp pada kondisi sewajarnya. Berikut ini saya ingin berbagi tentang waktu-waktu yang dilarang nelpon atau sms.
1. Waktu shalat (khusus muslim)
Yups waktu shalat!! Sering sekali ketika saya shalat berjamaah di masjid terdengar bunyi dering nada hp, sehingga memberikan gangguan pendengaran bagi jamaah. Selain itu juga konsentrasi jamaah buyar. Beda halnya kalau suara kendaraan yang lewat di jalan raya.
Perlu diperhatikan khusus waktu shalat 5 waktu, untuk bagi para pengguna hp bersiap-siap untuk off atau silent. Misalnya 15 menit menjelang waktu shalat hp sudah di off atau silent. Untuk yang punya kepentingan harap waktu shalat ini agar tidak nelpon atau sms temannya pada waktu shalat. Jikalau terdengar hp kita berdering sedangkan nada yang kita gunakan lagu dangdut atau rock, pasti buyar pikiran jamaah. Apalagi yang berjamaah ada anak-anak pasti mereka ketawa-ketiwi. Jadi waspadalah bagi pengguna hp.

2. Waktu mendengarkan ceramah / seminar/ pelatihan
Berbagai aktivitas tentunya kita lakukan, antara lain mendengarkan ceramah/ seminar/ pelatihan. Bilamana kita serius untuk mengikuti /mendengarkan ceramah/ seminar/ pelatihan tentunya mendengarkan dengan baik, dan tidak sibuk mengotak-atik hp. Kalau untuk sekedar mendokumentasikan pemateri/penceramah ataupun jamaah yang mendengarkan tidak masalah. Namun yang menjadi kendala adalah, bilamana terdengar nada dering tanda telpon atau sms masuk. Secara tidak langsung para peserta/jamaah akan memandang orang yang bersangkutan. Kalau tak percaya coba aja sendiri. Jika tak ingin jadi perhatian orang hp di off atau silent.

3. Waktu rapat
Bagi yang berkecimpung dalam dunia organisasi (UKM, LSM, partai, perusahaan,dll) tentu pasti tak terpisahkan dari yang namanya rapat. Walaupun rapat bukan kondisi formal, namun tidak sedikit dengan perilaku pengguna hp yang kurang jeli melihat suasana, maka rapat akan sedikit terganggu akibat hp kita berdering. Misalnya ketika pengalaman saya rapat dengan teman-teman, suatu ketika saat asyik-asyik kita rapat, berdering hp teman lalu ia minta izin keluar untuk menjawab telpon tersebut. Nah ini dia yang tadi nya lagi rapat, eh harus terhenti sejenak gara-gara hp berdering. Walaupun durasinya tidak terlalu lama. Oleh Karena hp kita harus di off atau silent. Ada juga begini pimpinan rapat sedang bicara, peserta rapat sibuk smsan. Waduh itu artinya tak menghargai yang didepan. Coba kita lihat kalau presiden rapat dengan jajarannya, ada tidak yang sibuk menerima telpon atau balas sms? Tidak ada kan. Emang begitu seharusnya agar kegiatan rapat bisa berjalan lancar dan tetap fokus dengan agenda yang sudah di jadwalkan


4. Waktu dalam toilet
Bukan bermaksud saya jorok ya!! Bagi teman-teman yang muslim bagi yang menggunakan nada dering lafadz-lafadz alquran perlu di cek dulu hp nya. Adab di dalam toilet tidak boleh bersuara . Apa jadi nya kalau yang terdengar dalam toilet suara lafadz alquran. Tak etis sekali jadinya. Jadi bagi teman-teman yang muslim, baik itu menggunakan lafadz alquran ataupun tidak untuk hp ny di off atau silent.

5. Waktu mengendarai kendaraan
Ini bermaksud menjaga keselamatan kita dalam berkendaraan. Apa sih salahnya kalau kita ingin nelpon atau sms, berhenti sebentar di tempat yang aman kalau memang perlu sekali. Masih banyak saya temukan di jalan raya melihat orang yang mengendarai sambil nelpon, tak jarang juga ada yang sambil smsan. Saking penting keselamatan pengendara kendaraan kan ada peraturan kepolisian tentang larangan menggunakan hp saat berkendara. Kalau mau selamat begitu mestinya.
Jadi jika memang tidak ingin disibukkan teman nelpon, lebih baik hp nya di off atau silent demi menjaga keselamatan kita.

Demikian beberap point yang saya bagikan kepada para pengunjung blog saya. Mudahan-mudahan tulisan saya ini bermanfaat. Dan jangan lupa ya.. komentarnya….he…
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.