Header Ads

judul buku : pembelajaran kontekstual
penulis       : M.Saekhan Muchit, S.Ag
penertbit    : jakarta:RaSAIL Media Group.2007
harga         : Rp 24.800

buku ini terdiri dari sembilan bab. bab pertama memuat tentang urgensi pembelajaran kontekstual. bab ini berisi tentang alasan-alsan secara akademik mengenai pentingnya pembelajaran kontekstual oleh para pendidik (guru).
bab kedua memuat tentang pembelajaran adalah realitas system, artinya dalam pembelajaran harus dipahami dan diakui bahwa pembelajaran adalah system yang terdiri dari berbagai elemen. salah satu elemen rusak atau hancur maka akan menggangu kualitas proses pembelajaran. bab ketiga berisi tentang teori behavioristik dalam pembelajaran. karena pada hakikatnya pembelajaran bagaimana memproses priaku siswa. bab empat membicarakan padangan teori kognitifisme dalam pembelajran. hal ini didsarkan asumsi bahwa pembelajaran juga membentuk atau memproses kemampuan kognitif siswa.
bab lima akan membicarakan tentang pandangan teori kontrukstivisme dalam pembelajaran. pembelajaran bagian dari proses membangun kontruk pemikiran atau kepribadian bagi siswa. bab enam akan berbicara tentang teori humanistiv dan bagaiman aplikasinya dalam pembelajaran. hal ini menjadi sangat penting karena pembelajaran adalah bagian dari proses humanisasi atau memanusiakan manusia. bab tujuh akan berbicara tentang kiat-kiat mengelola proses belajar mengajar. pembelajaran atau proses belajar mengajar adalah inti dari pendidikan dan memiliki faktor dominant untuk menentukan keberhasilan proses pendidikabn. bab delapan akan memuat tentang pentingnya interaksi sistematik dalam proses pembelajaran. dan bab sembilan akan membicarakan tentang pembelajaran berbasis multikultural. hal ini dimaksdukan untuk memberikan prsan-pesan kepada siswa agar dapat menerima perbedaan (pluralime) dalam kehidupan masyarakat.
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.