Header Ads

Pembukaan CPNS 2016 Kementrian Mendikbud dan Kemenag Ditunda?

ZonaPendidikan- Anda berangan-angan jadi abdi negara? Ada baiknya simak informasi sebagaimana tertuang dalam surat kementrian PANRB No. B/3656/M.PAN-RB/11/2016.

Pemerintah menegaskan tak ada pengadaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) dalam kurun waktu dekat. Rekruitmen akan ditunda hingga tahun depan (2017).

Dalam surat yang ditandatangani menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (PANRB) Asman Abnur pada selasa (8/11), penundaan ditujukan untuk pelaksanaan rekuitmen CPNS jalur umum di instansi pusat.

Setidaknya, ada 32 kementerian/ lembaga yan ditunda pengadaan CPNS-nya hingga tahun depan. Adapun di antaranya, kementrian ksehatan, kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementrian Ristek dikti, kementrian ketahan, kementerian desa, PDT dan transmigrasi, kementrian perubungan, kementrian perindustiran, kementrian PUPR, kementrian ESDM, kementrian pertanian, kementrian kelautan dan perikanan, LIPI, BMKG, dan lainnya.

“penundaan diputuskan setelah dilaporkan terlebih dahulu kepada presiden. Merujuk pul pada arahan presiden dalam rapat kabinet terbatas sebelumnya pada tanggal 24 oktober 2016, dan hasilnya rapat koordinasi tingkat kementrian terkait pada senin (7/11),” tutur Asman dalam keterangan resiminya kemarin (9/11)

Dia berharap, penundaan ini bisa disikapi bijak oleh masing-masing instansi. Sehingga, bisa tetap melanjutkan penataan organisasi, sekaligus penataan pegawai agar tetap mampu mendukung optimalisasi capaian kinerja.

Kepala biro hukum , komunikasi dan informasi kemenPANRB herman suryatman menambahkan penundaan ini dilakukan lantaran pemerintah masih memerlukan perhitungan dan kajian yang lebih mendalam tentang kebutuhan PNS baru. Ada beberap hal yang menjadi pertimbangan yakni proporsi belanja pegawai dan ketersedian anggaran secara umum. “karenanya pengadaan CPNS 2016 yang dikecualikan dari moratorium ditangguhkan,” ujarnya. Disinggun soal batas waktu penangguhan, herman tak memberi jawaban pasti. Dia hanya menuturkan, hingga tahun depan pasca kajian rampung.

Dia pun menegaskan kembali, bahwa penangguhan hanya untuk jalur umum. Sementara untuk jalur khus seperti bidang PTT dan guru digaris terdepan, seleksi sudah dilakukan oleh masing-masing kementrian.”ini kan jalur khusus. Tinggal tunggu pengumuman,”ungkapnya.

Semula, penerimaan CPNS instansi pusat, mulai dari pengumuman sampai pendaftaran diagendakan digelar mulai 1-19 oktober 2016. Seluruh instansi pusat pun sebelumnya sudah memperoleh persetujuan prinsip penambahan kebutuhan PNS. Bahkan, sudah mengajukan usulan formasi.
Sebelumnya, kepada badan kepegawaian negara (BKN) bima hariwibisana pernah menuturkan bial pemerintah melalui kementerian pendayagunaan aparatur negar dan reformasi birokrasi (kemenPANRB) telah mengajukan 13 ribu orang dari jalur umu. Jumlah tersebut hanya untuk instansi pusat dan posisinya strategis.

Sumber : koran pontianak post 10/11/16
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.