Laman

SELAMAT DATANG DI ZONA PENDIDIKAN,DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR MATERI PENDIDIKAN, ARTIKEL, OPINI,ATAU BISNIS ONLINE, ECT...JANGAN LUPA UNTUK MENGISI DAFTAR TAMU
CPNS ONLINE


Zona Pendidikan






Metode Granada

Sabtu, 15 Mei 2010

SKENARIO PEMBELAJARAN


Pengertian UMUM : Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. sedangkan pembelajaran adalah proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu saling bertukar informasi.
jadi skenario pembelajaran adalah skenario yang dibuat dengan sengaja oleh seorang guru dalam proses komnikasi-interaktif dengan siswa dengan menggunakan sumber belajar untuk mencapai tujuan pendidikan

berikut ini salah satu contoh skenario pembelajaran:
perlu di ketahui dalam skenario pembelajaran ada beberapa tahap yakni tahap awal, inti dan akhir.ini adalah contoh skenario pembelajaran dalam pelajaran Akidah Akhlak Untuk SD, Anda bisa menyesuaikannya saja dengan mata pelajaran terentu
AWAL
a. Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar
b. Guru mengucap salam
c. Guru dan siswa membaca basmalah dan doa
d. Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
e. Guru memberikan appersepsi : Apakah perbedaan antara Nabi dan Rasul? Apakah tugas dari seorang Rasul?
f. Guru memberikan pretest dengan mengajukan pertanyaan : - apakah arti dari ulul azmi? Berapa orang rasul yang bergelar ulul azmi? Siapa sajakah mereka?
a. Motivasi awal

INTI
a. Guru menjelaskan pengertian Rasul Ulul Azmi
b. Kemudian guru menyuruh siswa untuk membaca kisah Rasul Ulul Azmi dengan menggunakan strategi Information Search untuk mengidentifikasi nama-nama Rasul Ulul Azmi, alasan mereka digelari ulul azmi dan menemukan keteladanan dari kisah yang dibaca. Adapun langkah-langkah dari information Search adalah sebagai berikut :
1) Guru membuat pertanyaan tentang : siapa saja yang termasuk Rasul Ulul Azmi, mengapa mereka diberi gelar ulul azmi, dan keteladanan apa saja yang patut ditiru dari Rasul Ulul Azmi?
2) Guru memerintahkan siswa untuk menjawab pertanyaan dengan mencari jawaban dari bacaan yang diberikan.
3) Setelah siswa mendapatkan jawabannya, guru dan siswa membahas jawaban tersebut bersama-sama secara klasikal.
4) Jika ada jawaban yang kurang tepat, guru kemudian memberikan klarifikasi
c. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari materi yang telah dijelaskan.
d. Kemudian guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa dengan memberikan penekanan pada hal-hal yang penting.


AKHIR
a. Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama.
b. Kemudian guru melakukan evaluasi secara lisan
c. Guru memberikan penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.
d. Guru memberikan motivasi pada siswa untuk mengulang-ulang pelajaran di rumah
e. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa/hamdalah

0 comments:

Poskan Komentar

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Motivasi

seorang yang dewasa bukannya tahu membedakan baik dan buruk akan tetapi jauh dari itu ia mampu mempertanggung jawabkan perbuatannya yang telah ia lakukan

Oh…waktu

Waktu terus berlalu tiada henti…

Manusia hanya memanfaatkannya…

Tuk kehidupan yg berguna..

Hidup penuh dengan misteri

Akankah ia dilalui??

Atau gugur tanpa jejak!!!

Sahabatku.. Mental kitalah yang akan menentukan

Masa depan yang cerah..

Akankah begitu saja berlalu???

Tidak sabahat…

Untuk melalui itu semua perlu pengorbanan

Sampai darah penghabisan...

Sampai tutup usia…


TERLENGKAP DARI YANG

TAK LENGKAP

Template Design by SkinCorner