Header Ads

Definisi Pendidikan Agama, Pedidikan Keagamaan, dan Pendidikan Islam

Ilustrasi: Film Munafik (2016)
ZonePendidikan- Pendidikan pada dasarnya adalah usaha untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia dengan adanya proses pembelajaran. Pendidikan juga merupakan sarana yang paling efektif dalam menghadapi globalisasi dunia, pendidikan baik di rumah, sekolah, dalam lingkungan masayarakat, dengan berbagai metode, cara dan geraknya, guna untuk mencegah pengaruh negatif yang bakal terjadi dari globalisasi. 

Dalam Undang-Undang Dasar RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 Pendidikan di definisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara efektif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, berakhlak mulia serta keterampilan terhadap dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Dengan demikian pendidikan berarti, segala usaha dalam mengembangkan potensi jasmani dan rohani ke arah kesempurnaan.


# Pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran/kuliah pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan. (PP-55-07/2)

# Pendidikan keagamaan adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya. (PP-55-07/2)

# Pendidikan Islam adalah bimbingan Jasmaniah dan rohani menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran Islam. (PIH/6)

Sumber
PP RI No 55 Th 2007 Download Di Sini
M.Bashori Muchin,dkk.2010. Pendidikan Islam Humanistik. Bandung: PT.Reflika Aditama.

3 comments:

  1. tonton ceramah manusia terbaik untuk menjadi panutan hidup oleh ustad Dr. Syafiq Reza Basalamah, M.A dan jangan lupa subscribe ya :)
    https://youtu.be/UNu6XrNugrU

    ReplyDelete
  2. terimaksih,
    salam hangat salam sejahtera.
    JC

    ReplyDelete

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.