Header Ads

RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Rencana Perencanaan Pembelajaran
( RPP )

MATA PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATERI : JAMALUDDIN AL-AFGHANI
KELAS/SEMESTER : XII/II
WAKTU : 1 X 30 MENIT


STANDAR KOMPETENSI:
Menganalisis gerakan modernisasi dunia islam, latar belakang dan dampaknya
KOMPETENSI DASAR :
Menganalisis gerakan anti imperalisme Jamaluddin al-Afghani
INDIKATOR :
1) Menjelaskan secara singkat biografi Jamaluddin al-Afghani
2) Menjelaskan konsep khilafah (pan-Islamisme) Jamaluddin al-Afgani
3) Menjelaskan peran Jamaluddin al-Afgani dalam bidang politik

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1) Dengan menggunakan pembelajaran ”interactive lecturing”, siswa dapat menjelaskan secara singkat biografi Jamaluddin al-Afgani dengan tepat
2) Melalui strategi ”information search” siswa dapat menjelaskan peran Jamaluddin al-Afgani dalam bidang politik dengan bahasa sendiri
3) Melalui strategi ”information search” siswa dapat menjelaskan konsep khilafah (pan-Islamisme Jamaluddin al-Afgani dengan bahasa sendiri
MATERI POKOK:
SILAHKAN LIHAT MATERINYA DI BAWAH ARTIKEL INI
SKENARIO PEMBELAJARAN :

AWAL
(5 menit) 1) Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar,
2) Guru mengucap dan basmalah
3) Menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
4) Guru memberikan apersepsi dan pretest dengan mengajukan pertanyaan: (apersepsi) apa saja tantangan modernitas (pretest) apakah kalian kenal dengan Al-afghani? Kapan dan dimana dia dilahirkan?
5) Motivasi awal
- Memberikan penegasan bahwa materi ini sangat penting
- Memberitahukan akan diberikan tes setelah proses belajar


INTI
(15 menit) 1. Orientasi Materi
Siswa menjelaskan secara singkat biografi Jamaluddin al-Afgani, dengan strategi interactive lecturing. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru
2. Kemudian siswa menjawab pertanyaann guru
2. Latihan
a. Kemudian siswa membagi dua kelompok dan siswa melakukan strategi information search dengan menjawab pertanyaan guru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1) Siswa mendengarkan pertanyaan guru
2) Siswa membagi menjadi dua kelompok
3) Kemudian dua kelompok siswa mencari jawaban dalam hand out yang sudah disediakan oleh guru
3) selain mencari jawaban pertanyaan diberikan guru, dalam masing-masing kelompok itu, mencari kata-kata yang kurang dipahami.
4) Setelah mendapatkan jawabnnya, siswa mengemukakan jawaban dari pertanyaan guru, dan kelompok lain mengometarinya

3. Feed Back/Umpan Balik
Siswa menanyakan materi yang kurang dipahami
4. Follow Up/Tindak lanjut
Siswa mendengarkan menjelaskan materi oleh guru yang belum dipahami siswa sambil memberikan penekanan pada hal hal yang dianggap penting.

AKHIR
(10 menit) a. Siswa menyimpulkan materi yang dibantu oleh guru
b. Kemudian siswa menjelaskan secara singkat biografi, peran politik, dan, Jamaluddin al-Afghani peran pan-islamisme, sebagai tugas evaluasi dari guru
c. Siswa menerima penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran
d. Siswa menerima motivasi agar mengulang-ulang pelajaran di rumah
e. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa/hamdalah bersama siswa dan salam penutup

STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : Interactive Lecturing, information seacrh
2. Metode : Ceramah, Tanya jawab.

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media : Power Point , Papan tulis, handout
Sumber:
Sjadzali, Munawir, 1993. Islam dan Tata Negara: Ajaran, sejarah, dan Pemikiran. Jakarta: UI Press.
Pulungan, J.Suyuthi.1997. Fiqih Siyasah: Ajaran, Sejarah dan Pemikiran. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pan_Islamisme, diakses pada tanggal 15 Juni 2010.
http://www.facebook.com/topic.php?uid=157242034028&topic=11913, diakses pada tanggal 15 Juni 2010.
http://muhammadzulifan.multiply.com/journal/item/35, diakses pada tanggal 15 Juni 2010.

EVALUASI
1) Prosedur: a. Evaluasi Proses (Observasi, Tanya jawab,). TP 1,2,3
b. Evaluasi Hasil
1) Test Awal (TP 1)
2) Postest (TP 1,2,3)
2) Bentuk dan Jenis Alat Evaluasi :
a. Bentuk Alat Evaluasi : Subyektif
b. Jenis Alat Evaluasi : 1) Lisan
2) Perbuatan
3) Alat evaluasi :
1. Siapakah nama lengkap Jamaluddin al-Afgani?
2. Dimanakah Jamaluddin al-Afghani dilahirkan dan dimanakah beliau wafat?
3. Jelaskan peran politik al-Afghani!
4. Apa saja yang hendak diperjungan oleh al-Afghani dalam politik?
5. Apa yang dimaksud dengan pan-Islamisme?
6. Jelaskan 3 konsep pan-Islamisme al-Afghani!
4) Kunci Jawaban.
1. Nama lengkap Jamaluddin al-Afghani adalah Muhammad Jamaluddin al-Afghani al-Husaini. Beliau dilahirkan pada tahun 1838 M / 1254 H.
2. Tentang tempat lahirnya terdapat dua versi, yakni dia dilahirkan di As’adaba, Provinsi Kanar, wilayah Kabul, Afganistan. Tetapi ada yang mengatakan bahwa ia lahir di As’asabad, dekat Hamadan, Persia. Beliau wafat di istambul (turki/ istambul) pada tanggal 9 Maret 1897 M
3. Peran politik yang gaungkan oleh Afghani adalah melakukan reformasi dan pembaharuan politik atau yang lebih dikenal dengan perjuangan salafiyah. Antaranya adalah Afghani menawarkan pemerintahan yang demokrasi bukan otoritas monarki obsolut.
4. Adanya pelaksanaan ajaran islam tentang musyawarah dan adanya kewenangan pemerintah untuk membebaskan dunia islam dari penjajahan dan dominasi Barat.
5. Pan Islamisme ialah suatu ikatan (rasa solidaritas) politik yang mempersatukan umat islam yang dalam bahasa arab disebut Al-jami’iyyah Al-Islamiyyah.
6. Konsep pan-Islamisme al-Afghani adalah
• Dunia Kristen akan selalu menggalang pemersatuan kekuatan untuk menghadapi dunia Islam.
walaupun terpisah secara geografis, budaya, dan nasab mereka akan terus berupaya menghancurkan islam.
• Adanya semangat dan ideologi yang tetap hidup di kalangan umat Kristen.
Hal ini bisa dibuktikan melalui perlakuan diskriminatif umat Kristen kepada umat Islam di beberapa tempat.
• Adanya kebencian umat Kristen terhadap Umat Islam
Kebencian umat Kristen menurut al-Afghani terhadap Umat Islam bukan hanya datang dari sebagian umat Kristen tetapi semua lapisan masyarakat
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.