Header Ads

HAKEKAT ISBD

ISBD bukanlah suatu disiplin ilmu tersendiri, melainkan lebih merupakan kajian interdisipliner.
Mata kuliah ini merupakan sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraan program study guna mengantarkan mahasiswa memantapkan kepribadian, kepekaan, sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, pemanfaatan SDA dan mempunyai wawasan tentang perkembangan IPTEK dan Seni.
ISBD memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial budaya.

ISBD diharapkan dapat membekali kepada mahasiswa dalam menghadapi tantangan sosial budaya dilingkungan sekitarnya dan dalam memberi kontribusi bagi pemecahan masalah-masalah sosial budaya.
Manusia dilakukan dalam suatu budaya tertentu yang mempengaruhi kepribadiannya. Pada umumnya manusia sangat peka terhadap budaya yang mendasari sikap dan prilakunya.
Manusia membutuhkan kebudayaan, yang didalamnya terdapat unsur etika, untuk bisa menjaga kelangsungan hidup. Manusia yang berbudaya adalah manusia yang menjaga tata aturan hidup.
Etika dapat diciptakan, tetapi masyarakat yang beretika dan berbudaya hanya dapat diciptakan dengan beberapa persyaratan dasar, yang membutuhkan dukungan, seperti dukungan politik, kebijakan, kepemimpinan dan keberanian mengambil keputusan, serta pelaksanaan secara konsekuen.

Hakekat Kodrat Manusia adalah:
1. Sebagai individu yang berdiri sendiri (memiliki cipta, rasa dan karsa)
2. Sebagai makhluk sosial yang terikat kepada lingkungannya, dan
3. Sebagai makhluk ciptaan tuhan.
Hakekat kodrati manusia tersebut mencerminkan kelebihannya di banding makhluk lain.

RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Bertitik tolak dari kerangka tujuan, ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD), meliputi:
- Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (he humanities), baik dari segi keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
- Hakikat manusia yan satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.

Rumusan masalah yang akan dikaji dalam Ilmu Budaya Dasar diformasikan ke dalam satu tema, yaitu manusia sebagai makhluk budaya. Tema ini dikembangkan lebih lanjut dalam beberapa pokok bahasan, yaitu:
1. Latar belakang Ilmu budaya Dasar
2. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan, seni rupa, dan seni musik.
3. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam agama.
4. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam filsafat.
5. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam keindahan.
6. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar hubungan manusia dan cinta kasih, penderitaan, dan keadilan.
7. Manusia dan pandangan hidup.
8. Manusia dan tanggung-jawab.
9. Manusia dan kegelisahan, ketentraman.
10. Manusia dan harapan.
Dari pengembangan masalah tersebut, tampak orientasi bahwa dalam Ilmu Budaya Dasar tidak terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya.
Dengan penyusunan semacam itu, mahasiswa diharapkan lebih mudah mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.

PERTANYAAN !
1) ISBD bukanlah suatu disiplin Ilmu tersendiri, melainkan lebih merupakan kajian Interdisipliner. Jelaskan menurut pendapat anda !
Jawab:
Suatu kajian yang tertata yang mengacu pada bagaimana seseorang, masyarakat hidup dilingkungannya. Mengacu pada kearah kehidupan yang lebih teratur, sekarang bisa menjadi manusia yang baik, yang sumber ilmunya Agama dan filsafat.
2) Manusia dilahirkan dalam suatu budaya tertentu yang memperngaruhi kepribadiannya. Apa maksudnya !
Jawab:
Budaya / sifat seseorang terbentuk sesuai dengan lingkungan dimana ia tinggal, begitu juga dengan budayanya, ia akan mengikuti dimana ia berada.
Menurut Rousean, bahwa seorang anak itu lahir seperti kertas putih, jadi tinggal bagaimana dia mewarnai kertas putih tersebut.
3) Manusia bukan saja sebagai objek tetapi juga sebagai subjek kajian. Jelaskan !
Jawab:
Bagaimana hubungan manusia, dengan alam, sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaiman pula hubungan manusia dengan tuhan.
4) Apa yang menjadi sumber ilmu ISBD ?
- Agama : berasal dari Allah SWT kepada umat manusia melalui rasul-rasul Allah seperti:
1. Zabur : Nabi Daud AS
2. Taurat : Nabi Musa AS
3. Injil : Nabi Isa AS
- Filsafat (philosphia) cinta akan kebijakan.
Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.