Header Ads

Kabupaten Sambas PNS Berkurang 1.300 Orang, Seleksi CPNS 2016 Dibuka?


ZonaPendidikan- Dalam lima tahun ke depan akan ada sekitar 1.300 an PNS di lingkungan Pemkab Sambas yang memasuki usia pensiun. Hal ini harus diantisipasi agar tak sampai terjadi kekurangan tenaga, salah satunya melalui adanya seleksi penerimaan CPNS yang ditetapkan pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Sambas, Dr H. Jamiat Akadol M.Si,MH mengatakan sampai sekarang belum ada surat atau pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat mengenai pelaksanaan seleksi CPNS. Sementara di sisi lain, di sambas akan terjadi pengurangan PNS sekitar 1.300 orang, dikarenana pensiun dalam lima tahun mendatang. Diharapkan adanya seleksi CPNS, bisa menjadi langkah antisipasi jangan sampai terjadi pengurangan.

“ Pengurangan yang mencapai 1.300 orang tersebut harus diantisipasi,” kata sekda sambas. Di posisi sekarang PNS yang ada sekitar 74.00-an. Jika dikurangai 1.300 karena pensiun pengawai, artinya  hingga lima tahun mendatang tinggal 61.00 orang.

Lantaran mengenai persyaratan yang disebutkan kemenpan dan RB. Daerah yang bisa memiliki belanja pengawai di bawah 50 persen. Jamiat akadol menjelaskan selama sertifikasi, kemudia bantuan ADD dari pusat masuk ke belanja tak langsung. Secara otomatis porsi akan meningkat, sehingga ntu mencapai di bawah limu puluh persen akan sulit.


http://www.cpnsonline.com/?id=okecpns
“ Terlebih, untuk dana perimbangan (dana dari pusat maupun provinsi) porsinya lebih banyak yang masuk ke APBD ibandingkan pendapatan asli daerah kita, katanya.

Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Asman Abnur dalam rapat kerja Komisi II DPR RI, menyebutkan sebanyak 477 daerah kabupaten/kota bisa menerima CPNS. Sisanya 58 daerah dilarang keras melakukan rekrutmen pegawai baru.

Sesuai data, 300 kabupaten/kota berada dalam zona hijau, kuning 177, dan merah 58. Zona hijau artinya belanja pegawainya di bawah 40 persen. Zona kuning belanja pegawainya di bawah 50 persen. Sedangkan zona merah, belanja pegawainya di atas 50 persen.

Daerah-daerah zona hijau posisinya sangat sehat karena belanja publik lebih banyak. Yang kuning sudah tanda awas, tapi bisa menerima PNS baru untuk menggantikan PNS yang pensiun meski jumlahanya dibatasi. Zona merah, tidak bisa sekali menerima pegawai baru.

>> Download Kumpulan Soal-soal CPNS klik di sini

>> Persiapan CPNS 2016 klikdi sini

Sumber: Koran Pontianak Post, Jumat, 14/10/16
 

Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.