Header Ads

Teknik Partisipation Action Research (PAR)


Beberapa teknik PAR yang digunakan dalam KKL STAIN Pontianak 2011 adalah sebagai berikut:

1.      Pemetaan wilayah (mapping Area)
Yaitu melakukan pemetaan wilayah / batasan-batasan bersama masyarakat, kemudian mendiskusikannya lebih lanjut bersama masyarakat tentang keadaan, masalah-masalah, sebab terjadinya serta akibat yang ditimbulkannya.
2.      Penelusuran wilayah (transect)
Merupakan teknik untuk menfasilitasi masyarkat dalam pengamatan langsung terhadap lingkungan dan keadaan sumber daya dengan cara berjalan menelusuri wilayah desa, mengikuti suatu lintasan tertentu yang disepakati.
3.      Kalender Musim (calendar seasion)
Adalah suatu teknik yang diguanakan untuk mengetahui keadaan utama, masalah, dan kesempatan siklus tahunan. Hasilnya yang digambar dalam suatu ‘kalender’ dengan bentuk matriks, merupakan informasi penting sebagai dasar pengembangan rencana program.
4.      Pohon masalah
Teknik ini digunakan terutama untuk menelusuri penyebab suatu masalah. Teknik ini adalah teknik yang cukup fleksibel. Melalui teknik ini, orang yang terlibat dalam memecahkan satu masalah dapat melihat penyebab yang sebenarnya, yang mungkin belum bisa dilihat kalau masalah hanya dilihat secara sepentis. Teknik analisa pohon masalah harus melibatkan orang setempat yang tahu dan merasakan langsung masalah yang ada.
5.      Diagram alur
Adalah menggambarkan arus dan hubungan di atara semua dan komoditas yang terlibat dalam suatu sistem. Diagram ini dapat digunakan untuk mengenalisis alur penyebaran keyakinan dan tata nilai keagamaan dalam masyarakat, seperti a) menganalisis dan mengkaji suatu sistem, b) menganalisis fungsi masing-masing pihak dalam sistem dan mencari hubungan antara pihak-pihak dalam sistem itu, termasuk bentuk-bentuk ketergantungan, 3) memberikan kesadaran kepada masayarakat dimana mereka sekarang.
 



    Comments
    0 Comments

    No comments

    Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

    Powered by Blogger.