Header Ads

Perlengkapan Fundamental Manusia


Hereditet ialah proses penurunan sifat-sifat atau ciri-ciri dari satu generasi ke generasi yang lain dengan perentaraan plasma benih. sedangkan menurut wikipedia Hereditas adalah pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial.
Hereditet memiliki prinsif-prinsif pokok tertentu, yakni:
1. Hereditet berlangsung dengan perentaraan sel-sel benih, dan tidak melalui sel-sel somatic atau sel-sel badan.
2. Setiap jenis menghasilkan jenisnya sendiri. Ini berarti bahwa setiap anggota jenis atau golongan (species) mengikuti suatu pola umum.
3. Sel-sel benih mengandung determinant-determinant yang banyak jumlahnya, yang berkombinasi dalam cara yang berbeda-beda untuk menghasilkan anak-anak yang berbeda.
4. Pada setiap sifat atau ciri manusia anak memperlihatkan kecondongan menuju ke keadaan rata-rata.

Mekanisme hereditet:
a. Setiap manusia memulai hidupnya, apabila terjadi pertemuan atau persatuan antara ovum wanita dengan sperma pria.
b. Struktur Cellulair (yang disebut kromosom-kromosom), menurut praduga mengandung berbagai-bagai susunan unsur-unsur yang tidak dapat dilihat (yang disebut gen-gen).
c. Setengah dari 48 kromoson untuk setiap manusia dating dari setiap pihak orang tua, sehingga tidak ada seorang anakpun dapat tepat menyerupai salah satu dari orang tuanya.

Sedangkan ciri-ciri biologis yang terpenting untuk tujuan-tujuan pendidikan terdiri dari :
- Gerak (action
- Struktur badan
- Sensitivitet
- Plastisitet
- Dorongan-dorongan
- Kapasitet belajar
- Pola-pola biologis

Perlengkapan binatang dengan perlengkapan manusia berbeda, baik semuanya itu dalam soal kawantitet maupun dalam sola kwalitet. Tingkah laku binatang terbatas pada situasi-situasi sensoris dan perceptual yang terdiri dari hal-hal yang kongkrit. Sedangkan manusia dapat mempergunakan pengertian-pengertian dan konsep-konsep yang terlepas dari situasi-situasi sensoris, dan terdapat pada bidang abstrak dan rasional.
Biasanya murid-murid dari setiap umur atau setiap kelas tertentu selalu memperlihatkan perbedaan-perbedaan yang luas diantara mereka, hal ini disebutkan:
- Suatu variasi, baik pada factor hereditet maupun pada factor lingkungan akan menghasilkan perubahan.
- Faktor-faktor lingkungan, meliputi:
a. Kesalahan-kesalahan pedagogis
b. Keadaan kesehatan dan keadaan-keadaan di rumah atau di sekolah
c. Gangguan-gangguan emosional atau gejala-gejala gangguan psihis.

Comments
0 Comments

No comments

Budayakan terima kasih dan mengisi komentar! Atau sekedar review? Silahkan tinggalkan komentar, review maupun request anda!

Powered by Blogger.